Twitter

WISATA RELIGI ( Gereja Blenduk) KOTA SEMARANG

Author Sulastri - -
Home » WISATA RELIGI ( Gereja Blenduk) KOTA SEMARANG

GEREJA BLENDUK
Gereja Blenduk Semarang merupakan gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di kota lama. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras. Bentuknya lebih menonjol . Lokasi bangunan ini berada di Jalan Letjend Suprapto No 32 Kota Lama Semarang dan bernama Gereja GPIB Immanuel. Bangunan gereja yang sekarang merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal yang secara vertikal terbagi atas tiga bagian. Jumlah lantainya adalah dua buah. Bangunan ini menghadap ke Selatan. Gereja ini masih dipergunakan untuk peribadatan setiap hari Minggu. Di sekitar gereja ini juga terdapat sejumlah bangunan lain dari masa kolonial Belanda seperti Gedung Marba. Bangunan kuno ini juga sering menjadi salah satu tempat untuk foto foto Pre Wedding.

Altar Gereja Blenduk

Chamber Organ Gereja Blenduk


Interior Atap Gereja Blenduk

Interior Gereja Blenduk


Interior Gereja Blenduk

Interior Kaca Patri Gereja Blenduk

Interior Kursi Gereja Blenduk

Interior Stairway Gereja Blenduk
Gereja Blenduk bisa dikunjungi wisatawan yang ingin melihat interior di dalam gereja. Harga tiket Rp10.000 rupiah. Gereja ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB, kecuali saat Gereja Blenduk digunakan untuk pemberkatan pernikahan. Pada hari Minggu, jam kunjung wisatawan dibatasi, yaitu pukul 13.00-16.00 WIB. Sebab pada Minggu pagi, Gereja Belenduk digunakan sebagai tempat kebaktian umat kristen protestan.

Orgel cantik koleksi Gereja Blenduk merupakan sasaran foto favorit pengunjung. Kubah yang terbuat dari tembaga, deretan bangku jemaat yang merupakan versi orisinil hingga pintu ganda panel kayu dan bingkai jendela gereja ialah spot cantik yang bisa diabadikan.
Akses menuju gereja blenduk, jika Anda dari Tugu Muda, arahkan perjalanan menuju Pasar Johar melalui Jalan Pemuda, jalan besar di sisi kanan Lawang Sewu. Banyak tersedia angkutan umum dan bis kota. Sampai Pasar Johar, jalan sedikit atau naik becak ke Gereja Blenduk.

Diluar Gereja Blenduk terdapat bangunan lain yang merupakan kawasan kota lama, Anda dapat mengunjungi bangunan tersebut dan berkliling kawasan kota lama. Anda juga dapat berduduk santai di taman depan gereja blenduk. Taman ini yaitu Taman Sri Gunting, di dekat taman sri gunting banyak pedagang penjual makanan dan minuman.


Taman Sri Gunting
Terdapat Pohon yang rindang di taman Sri Gunting,membuat teduh dan sejuk jika anda duduk bersantai disana.

Video Tentang Gereja Blenduk